KIAT PROMOSI EFEKTIF

21 Jan 2009


Ingat, promosi yang baik nggak selalu didasari jumlah bujet! Jadi, bohong kalau ada yang bilang promosi besar-besaran bisa meningkatkan penjualan. Kalau strateginya tidak pas, jumlah uang makin banyak terbuang. Sementara, penjualan tetap nggak nambah-nambah. Lantas, melakukan promosi yang efektif?

1. Pastikan dulu target market yang bakal disasar oleh produk kita. Perlu diingat, yang namanya barang jualan pasti punya pasar spesifik. Jadi, mengenali pasar adalah keharusan. Biar strategi promosi bisa dibikin.

2. Setelah mengenal target market, coba bikin strategi promosi yang pas. Dan, jangan lupa sesuaikan dengan budjet. Misalnya, kalo musik kita pas untuk orang kuliahan, cobalah lakukan promosi minim budget di beberapa tempat dekat kampus. Entah bagaimana caranya. Mulai dari bagi stiker, kaos sampe main akustikan. Dengan begitu, band kita langsung terpromosikan pada pasarnya.

3. Selain cara-cara konvensional macam poster, stiker, kaos dan berbagai merchandise lainnya, mendekati media adalah sarana promosi yang penting. Karena, lewat media, pendengar musik bisa lebih kenal dekat pada band kita. Yang perlu diingat, jangan nyampah. Coba dekati media yang pas sama segmen musik kita. Biar sedikit tapi tepat sasaran.

4. Pergunakan teknologi! Cobalah berpromosi lewat SMS, Email dan berbagai situs internet seperti You Tube, Myspace dan masih banyak lagi. Melihat kebiasaan masyarakat yang udah melek internet, media ini amat tepat buat berpromosi.

5. Coba perbanyak teman. Caranya, sering nongkrong atau korespondensi via email.Biarkan teman-teman kita ini yang bercerita bagaimana musik yang kita mainkan. Karena promosi word of mouth terkadang amat efektif.

from amild.com

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda